Merawat kulit wajah dengan rutinitas sehari-hari sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Dengan membersihkan wajah dengan sabun atau pembersih wajah yang lembut dua kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur. Tentunya tidak cukup hanya dengan melakukan itu.

Tetapi beberapa kebiasaan yang dilakukan tanpa sadar dapat merusak kulit dan mempercepat proses penuaan kulit. Berikut adalah beberapa kebiasaan yang perlu dihindari untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit:

Kebiasaan yang Tanpa Sadar Bisa Merusak Kulitmu
Menyentuh wajah: Menyentuh wajah dengan tangan yang kotor dapat menyebabkan kuman dan bakteri menyebar ke wajah, yang dapat menyebabkan jerawat dan infeksi kulit lainnya.
Tidur dengan makeup: Tidur dengan makeup dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat serta membuat kulit terlihat kusam.
Terlalu sering mencuci wajah: Terlalu sering mencuci wajah atau menggunakan produk pembersih yang terlalu kuat dapat menghilangkan minyak alami dari kulit dan membuat kulit terasa kering dan kusam.
Merokok: Merokok dapat merusak kesehatan kulit dengan mengurangi sirkulasi darah dan merusak kolagen dan elastin, yang dapat menyebabkan keriput dan garis halus.
Mengonsumsi alkohol: Mengonsumsi alkohol dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan kulit kering dan kusam serta merusak kolagen dan elastin.
Terlalu banyak terpapar sinar matahari: Terlalu banyak terpapar sinar matahari dapat menyebabkan kulit terbakar dan keriput serta meningkatkan risiko kanker kulit.
Kurang tidur: Kurang tidur dapat menyebabkan kulit terlihat kusam dan lingkaran hitam di sekitar mata.
Kurang minum air putih: Kurang minum air putih dapat membuat kulit kering dan tidak sehat.
Stres: Stres dapat memicu produksi hormon kortisol yang dapat merusak kolagen dan elastin dan membuat kulit terlihat kusam.
Dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan di atas dan menjaga gaya hidup yang sehat, kita dapat menjaga kesehatan dan kecantikan kulit secara optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *